Bagaimana Cara Membuat Multi Screenshot atau Thumbnail pada Sebuah Video?

Author: | Posted in Serba Serbi 5 Comments
Cara Membuat Multi Screenshot atau Thumbnail Video

Screenshot Drama Jepang – Switch Girls 2. Foto: Dok. Pribadi

Bagaimana cara membuat multi screenshot atau thumbnail sebuah video? Sebelum saya membahasnya, apakah yang Anda maksud dengan multi screenshot atau thumbnail video seperti gambar di atas? Jika iya berarti Anda mendapatkan tutorial yang tepat 😀

Lalu, bagaimana cara membuat screenshot video seperti di atas? Pertama-tama, persiapkan dulu bahan-bahannya yaitu video dan softwarenya. Dalam tutorial ini saya akan memakai software pemutar video freeware yaitu Media Player Classic. Jika belum punya silakan download di sini.

Well, jika sudah punya softwarenya langsung saja lihat panduannya di bawah ini.

  1. Putar video tersebut menggunakan Media Player Classic.
  2. Klik File > Save Thumbnails...
  3. Setelah Anda melakukan poin nomor 2 maka akan terdapat options untuk menyimpan thumbnails tersebut. Berikut beberapa options yang disediakan oleh Media Player Classic.
    • File name = Nama file yang akan Anda simpan.
    • Save as type = Format file yang akan Anda simpan. Default: JPG – JPEG Image (*.jpg).
    • Layout Rows = Baris horizontal. Default: 4.
    • Layout Coloums = Baris vertikal. Default: 4.
    • Image Width Pixels = Lebar resolusi screenshot dalam pixel. Default: 1024.
  4. Klik Save.

Selesai! Jika Anda menggunakan settingan default maka hasil yang akan Anda dapatkan sama persis dengan screenshot kepunyaan saya di atas dengan resolusi 1024 x 646.

Lupakan kata-kata bahasa Inggris di bawah ini, karena cuman sponsor software doang. Tapi kalau mau mencoba softwarenya silakan saja. Hehehe…

Path Too Long and Path Too Long PRO are Windows software for solves the problem with inability to copy, rename and delete files and folders with destination path too long or locked by some application. They could be created by virus / adware / different OS / other software. Normally one can’t access such files under Windows and therefore can’t delete them either.

Udah gitu doang sponsornya. Intinya kegunaan software di atas adalah untuk menghapus file atau folder yang terkunci oleh virus. Kita lanjutkan lagi mengenai cara membuat multi screenshot atau thumbnail pada sebuah video.

Mudah sekali ya membuatnya?

Tepat sekali! Memang sangat mudah sekali untuk membuat multi screenshot atau thumbnail pada sebuah video. Pertama kali saya pikir untuk membuat screenshot seperti itu menggunakan software lain atau edit dengan menggunakan photoshop. Ternyata saya salah!

Mungkin ada pertanyaan di benak Anda seperti ini…

“Kalau saya tidak menggunakan Media Player Classic, masih bisakah membuat screenshot seperti di atas?”

Saya tidak tahu karena saya hanya menggunakan Media Player Classic sebagai pemutar video. Namun saya pernah menemukan beberapa screenshot di atas selain menggunakan Media Player Classic, seperti GOM Player dan SMPlayer.

Sekian dulu artikel kali ini mengenai cara membuat multi screenshot atau thumbnail pada sebuah video. Semoga bermanfaat.

Comments
  1. Posted by Tebak Siapa Saya ?
  2. Posted by Dewi Anggraini
  3. Posted by Pangeran Bollywood
  4. Posted by sakura suri
  5. Posted by Dhimas Kirana

Add Your Comment