Langkah Sebelum Anda Mencuci Clodi Baru

Author: | Posted in Serba Serbi No comments

Cara Mencuci Clodi Baru

Penggunaan popok kain yang bisa dipakai berulang-ulang kini semakin meningkat, popok kain ini disebut dengan cloth diaper atau disingkat clodi.

Ada banyak keuntungan dari penggunaan popok jenis ini, yang paling utama adalah karena sisi hemat yang ditawarkan karena dengan menggunakan popok kain. Anda tidak perlu lagi membeli popok sekali pakai yang akan berakhir di tempat sampah dan sampah jenis ini juga sulit terurai sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan.

Bagi Anda yang membutuhkan referensi untuk perawatan clodi, berikut kami paparkan cara perawatan dan cara mencuci clodi baru.

Ketika Anda baru membeli clodi, sebelum popok dipakai maka Anda harus mencuci clodi termasuk insertnya terlebih dahulu untuk memastikan bahwa clodi dipakai dalam keadaan bersih dan steril dari sisa-sisa residu hasil finishing.

Cuci dan keringkan clodi minimal tiga sampai empat kali siklus cuci-jemur-kering agar clodi memiliki daya serap maksimal sehingga siap digunakan.

Proses penjemuran clodi harus terkena sinar matahari langsung dan tidak dianjurkan Anda mengeringkan menggunakan dryer pada mesin cuci. Anda bisa menggunakan mesin cuci hanya untuk proses pencucian saja. Hal ini dilakukan untuk memperpanjang usia clodi dan insert sehingga lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu lama. Jemur di bawah terik matahari dan tidak perlu disetrika.

Setelah clodi selesai digunakan, sebaiknya langsung dibilas menggunakan jet washer atau disemprot dengan air bersih, buang semua kotoran yang menempel pada bagian insert. Jika masih terdapat noda, Anda bisa menguceknya pelan menggunakan tangan, hindari penggunaan sikat agar serabut pada insert tidak rusak.

Setelah kotoran pada clodi dibersihkan, ada 2 cara penyimpanan clodi basah sebelum dicuci. Metode pertama adalah metode basah (wet pail) atau dengan direndam.

Pada metode ini, setelah tidak terdapat kotoran pada clodi, maka clodi direndam dengan air dalam wadah tanpa deterjen. Anda bisa menambahkan sedikit soda kue (baking soda) yang berfungsi mengangkat noda membandel dan dapat menghilangkan bau tak sedap.

Clodi direndam sampai tiba waktu anda mencuci, namun jangan dibiarkan terlalu lama. Saat Anda melakukan pencucian, buang air rendaman lalu peras clodi dengan lembut agar air dari rendaman tidak terlalu banyak terbawa.

Untuk metode kedua, Anda bisa menggunakan metode kering (dry pail). Pada metode ini, setelah semua kotoran dibersihkan clodi disimpan pada wadah seperti ember lalu tutup agar bau dari kotoran tidak menyebar. Taburkan sedikit baking soda untuk menghilangkan noda dan mengurangi bau tak sedap.

Clodi dapat disimpan sampai Anda mencucinya. Saat Anda mencuci, pastikan Anda melakukannya sesuai dengan cara mencuci clodi baru dengan benar untuk menjaga kualitas clodi.

Add Your Comment