5 Manfaat Cerita Dongeng Anak Bagi Perkembangan Anak-Anak

Author: | Posted in Serba Serbi No comments
Manfaat Cerita Dongeng Anak

Ilustrasi orang tua membacakan cerita dongeng pada anak. Foto: Mari-bicara.com

Saat ini sangat jarang sekali menemukan orang tua yang menceritakan dongeng pada anak. Apalagi di tengah gempuran permainan pada smartphone. Padahal cerita dongeng anak mempunyai banyak manfaat yang dapat membantu perkembangan anak.

Berikut 5 manfaat cerita dongeng anak bagi perkembangan anak.

Mengembangkan daya imajinasi anak
Tak dapat dipungkiri bahwa dongeng dapat mengembangkan daya imajinasi anak. Perlu orang tua ketahui bahwa dunia anak-anak merupakan dunia imajinasi. Tak jarang anak-anak mempunyai dunianya sendiri bahkan merasa memiliki teman khayalan. Melalui dongeng, orang tua dapat mengarahkan anaknya ke hal-hal yang positif dan tetap terkontrol.

Meningkatkan keterampilan berbahasa
Sebagai salah satu mengembangkan daya imajinasi anak, ternyata dongeng juga bisa menjadi stimulasi dini yang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa anak. Hal ini disebabkan oleh kemampuan otak kanan anak-anak yang berkembang melalui kemampuan verbal sehingga anak lebih terlatih dan terampil dalam berbahasa. Cerita dalam dongeng yang mengandung cerita positif dapat membuat anak-anak menjadi lebih mudah dalam menyerap kata-kata yang sopan.

Membangkitkan minat baca anak
Membangkitakan minat baca anak melalui dongeng, kenapa tidak? Penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara untuk membangkitkan minat baca anak ialah dengan membaca buku yang memiliki karakter yang disukai oleh anak-anak. Dongeng termasuk salah satunya. Dengan membacakan cerita dongeng, anak akan merasa penasaran mengenai cerita maupun karakter yang ada dalam dongeng tersebut. Hasilnya tentu saja, anak akan mencoba membaca

Membangun kecerdasan emosional anak
Kecerdasasan emosional anak juga dapat dibangun melalui dongeng lho. Selain dapat membangun kecerdasan emosional anak, dongeng juga dapat membuat suasana yang lebih baik antara orang tua dan anak. Melalui dongeng, kita sebagai orang tua dapat memberikan contoh melalui tokoh maupun karakter yang ada di dalam dongeng. Hal ini akan membantu proses untuk membangun kecerdasan emosional anak sehingga akan mengimbangi kecerdasan kognitif anak.

Membentuk rasa empati anak
Salah satu metode agar anak belajar berempati ialah melalui metode dongeng. Kepekaan anak-anak dapat dirangsang untuk mengenal situasi sosial di lingkungan mereka dengan cerita dongeng anak. Penting sekali bagi orang tua untuk membacakan dongeng kepada anak-anak. Melalui berbagai cerita dongeng yang mendidik, maka anak dapat dengan mudah menyerap nilai positif maupun negatif yang akan menjadikan mereka akan berempati dengan orang lain.

Setelah mengetahui manfaat cerita dongeng anak, semoga semakin banyak orang tua mulai membacakan dongeng untuk anak mereka.

Add Your Comment