Mengenal Gejala Penyakit Diare pada Anak

Author: | Posted in Kesehatan No comments

Anak-anak adalah makhluk yang lemah karena organ tubuhnya dan sistem kekebalan tubuhnya masih belum matang secara sempurna. Oleh karena itu tidak heran mereka sering kali terserang penyakit. Untuk itulah peran orangtua diperlukan. Para orang tua harus menjaga anaknya terutama dalam segi kebersihan tetapi bukan berarti anak anda harus diam terus di rumah.

Salah satu penyakit yang sering diderita oleh anak-anak adalah diare. Penyakit ini sendiri merupakan penyakit yang paling banyak dan sering diderita oleh anak-anak di seluruh dunia. Lantas apa saja gejala penyakit diare pada anak. Berikut ini adalah gejala-gejala tersebut.

1. Frekuensi buang air besar yang semakin meningkat

Ketika anak anda tiba-tiba banyak melakukan buang air besar sudah dapat dipastikan ia terkena diare.

2. Feses yang berbentuk cair atau encer

Ketika feses anak anda berbentuk cair maka tentunya ia tengah mengidap penyakit ini.

3. Anak anda tiba-tiba mengeluhkan sakit pada perutnya

Biasanya rasa sakit tersebut lebih mengarah ke kram perut setelah ia melakukan buang air besar ataupun rasa mulas yang terus menerus.

4. Terkadang seorang anak yang terkena diare mengalami demam

Ini karena rasa sakit yang diakibatkan penyakit ini.

Itulah gejala penyakit diare pada anak-anak tentunya.

Penyebab dari penyakit ini adalah virus yang bernama rotavirus, bakteri, alergi terhadap susu ataupun ketika anak sedang melakukan terapi dengan pemakaian antibiotika ataupun sedang mengkonsumsi obat-obat tertentu. Untuk mencegah terkena penyakit ini pada anak anda adalah hal yang cukuplah mudah yaitu hanya dengan membiasakan dirinya untuk mencuci tangan dengan sabun cair Lifebuoy anti kuman dan bakteri setelah dari kamar mandi dan sebelum makan. Selain itu ketika ia mandi pastikan Ia menggunakan sabun mandi Lifebuoy.

Akan tetapi tidak hanya itu saja pastikan, makanan dan minuman yang anak anda konsumsi matang dengan sempurna karena bakteri sangat banyak pada makanan-makanan yang masih mentah terutama daging-dagingan dan air kran. Oleh karena itu, pastikan anda memasak makanan anda dengan cukup matang. Selain itu batasi jajan anak anda karena taktunya ia nanti akan jajan sembarangan.

Add Your Comment