Yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Rumah

Author: | Posted in Serba Serbi No comments

Perumahan dan Jual Beli Rumah

Memutuskan untuk beli rumah adalah salah satu hal yang penting dalam hidup Anda. Anda sudah mantap secara finansial, dan sudah tidak mau membayar sewa lagi, atau siap hidup terpisah dari orang tua. Anda tentu tidak bisa begitu saja memutuskan apa yang akan Anda beli tanpa ada pertimbangan yang matang. Agar tidak menyesal, kami memberikan hal-hal yang harus Anda pikirkan jika Anda akan beli rumah.

1. Budget beli rumah

Tentu saja, sebelum Anda benar-benar beli rumah, Anda harus menetapkan berapa yang Anda siapkan untuk beli rumah. Jika Anda sudah pasti dengan budget Anda, tentu akan lebih mudah dalam memilih rumah yang Anda inginkan. Pilih rumah dengan budget yang sesuai dengan kemampuan Anda. Secara kasar, maksimal Anda membayar 30% dari gaji Anda untuk cicilan rumah.

2. Cara memilih untuk beli rumah

Untuk mencari rumah yang Anda inginkan, Anda dapat mengunjungi situs-situs pencarian properti di internet. Situs-situs ini akan membantu Anda dalam proses beli rumah. Anda dapat memilih rumah yang sesuai dengan budget yang Anda lokasikan, perhatikan juga lokasi rumah, apakah dengan lokasi itu, harga rumah yang Anda pilih sesuai. Lingkungan rumah tersebut pun harus Anda perhatikan. Apakah bebas dari banjir? Apa ada pusat pembelanjaan atau sekolah yang baik? Lihat semua hal ini sebelum Anda memutuskan untuk beli rumah.

3. Hubungi agen untuk beli rumah

Anda sudah melihat rumah di internet. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam beli rumah adalah menghubungi Agen yang memasarkan rumah tersebut. Agen tersebut dapat memberi tahu Anda informasi yang lebih mendetil tentang rumah tersebut. Anda bahkan dapat mengunjungi rumah tersebut. Apa yang terlihat pada situs pencarian properti belum tentu sama dengan aslinya. Anda juga dapat menanyakan pada agen tersebut tentang rumah lain bisa Anda lihat. Jangan memutuskan untuk beli rumah terlalu cepat sebelum Anda melihat rumah-rumah lain. Karena alasan itu juga, jangan terpaku pada seorang agen saja. Anda dapat menghubungi banyak agen agar Anda lebih banyak memiliki pilihan dalam beli rumah.

4. KPR untuk beli rumah

Jika Anda sudah memilih rumah yang cocok, saatnya Anda memberikan penawaran harga. Jika harga yang ditawarkan agen sudah cocok juga, dan Anda sudah benar-benar siap untuk beli rumah, Anda dapat menghubungi bank untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Anda tentu harus teliti dalam memilih KPR yang tepat. Hitung dengan teliti berapa uang muka yang harus Anda sediakan untuk beli rumah, berapa cicilan pertahunnya, agar Anda dapat mempersiapkan semuanya. Beberapa situs properti memiliki fitur kalkulator KPR untuk menghitung apa dan berapa yang harus Anda bayarkan. Pastikan semua persyaratan yang diminta oleh bank yang bersangkutan dapat Anda penuhi, agar proses pengajuan Anda lancar.

Semoga hal-hal di atas dapat membantu Anda dalam proses beli rumah. Jika Anda telah mengetahui semua hal di atas ini, tentu saja beli rumah akan menjadi lebih mudah. Selamat berburu rumah idaman Anda!

Add Your Comment