3 Jenis Kavling yang Banyak Ditemui di Perumahan

Author: | Posted in Serba Serbi No comments
Contoh Rumah Kapling

Contoh Rumah Kapling. Foto: Google Images

Ada banyak jenis bentuk dan lokasi tanah yang dijual oleh pengembang. Apalagi para pengembang yang menjual tanahnya di perumahan. Mereka sering berkreasi, agar kompleks perumahannya dapat terlihat lebih indah.

Coba saja lihat beberapa rumah dijual di Jakarta Selatan, Surabaya, Bandung, dan kota lainnya. Ada banyak kavling yang ditawarkan sangat bervariasi dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jenis lokasi tanah ini bukan hanya soal “Hoek” atau tidak saja. Namun masih banyak yang lain seperti cul-de-sac, T-intersection atau Tusuk Sate, juga kavling Flag Pole atau kavling “L”. Selain itu juga ada bentuk lain mulai dari lokasi sudut, Key lot, dan interior lot.

Karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka anda perlu untuk mengetahui jenis lokasi tanah tersebut dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. berikut adalah penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian tanah yang berada di posisi sudut dan interior.

Kavling Sudut

Rumah yang berada di posisi sudut adalah rumah yang biasanya dikenal dengan istilah Hoek. Posisi ini banyak dicari oleh para pembeli rumah. karena, biasanya rumah pada posisi ini memiliki ukuran yang lebih luas dibandingkan dengan lokasi lain.

Tidak hanya itu, karena lebih luas dari rumah yang lain, biasanya rumah posisi Hoek memiliki taman yang juga luas. Selai itu, rumah jenis ini memiliki dua pintu masuk rumah. Depan dan juga belakang. Parkir pun juga luas karena adanya dua pintu tadi.

Hanya saja, posisi ini juga memiliki kekurangan. Di antaranya adalah biaya perawataannya yang mahal karena lahannya yang luas. Selain itu, karena adanya dua pintu, keamanan juga harus lebih terjaga. Dan karena letaknya di pengkolan jalan, biasanya rumah akan dilewati banyak kendaraan sehingga bising.

Kavling Interior

Lokasi ini adalah lokasi yang paling banyak tersedia. Hal ini karena letaknya adalah kavling yang berada dalam satu deretan blok. Antara kavling ini dan rumah sebelah, biasanya memiliki besaran luas tanah yang sama.

Keuntungan dari kavling ini adalah keamanannya yang lebih baik karena hanya memiliki satu muka pintu. Tidak hanya itu, perawatannya tidak semahal rumah Hoek, dan juga tidak terlalu ramai dan bising karena tidak berada di persimpangan.

Karena memiliki hanya satu muka pintu, rumah jadi terkesan biasa saja dan tidak istimewa. Selain itu, sirkulasi udara yang ada juga sangat terbatas.

Key Lot

Posisi ini biasanya adalah posisi paling strategis karena berada di tengah kavling. Biasanya tanah ini berada di tengah dua kavling lain yang telah terbagi.

Kelebihan dari kavling jenis ini adalah tanahnya memanjang, keamanannya terjaga, memiliki lahan parkir yang cukup, memiliki privasi yang baik, dan juga tidak memerlukan terlalu banyak perawatan.

Hanya saja, kavling ini memiliki sirkulasi yang terbatas, memiliki satu pintu depan, dan juga biasanya sangat dekat dengan posisi dari pembuangan septictank milik kavling sebelah.

Add Your Comment