5 Perawatan Untuk Mengurangi Risiko Bahaya Kehamilan Trimester Kedua

Author: | Posted in Kesehatan No comments
Ibu Hamil Minum Susu

Ibu Hamil Minum Air Putih. Foto: Shutterstock.com

Bagi Anda yang sedang hamil pertama kali, menantikan kehadiran si buah hati pastilah sangat menyenangkan dan mendebarkan. Apalagi jika Anda tengah memasuki kehamilan trimester kedua, pastilah sering bertanya apa sih tanda bahaya kehamilan trimester 2 ini.

Saat hamil trimester kedua, Anda sudah harus siap dengan perubahan fisik yang akan terjadi. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat wanita sedang hamil maka akan mengalami perubahan fisik, psikis, dan juga hormon. Supaya Anda merasa nyaman dengan setiap usia kehamilan maka dapat melakukan perawatan kehamilan ibu dan janin.

Perawatan kehamilan yang tepat pada trimester kedua sangat disarankan karena sangat mempengaruhi perkembangan untuk ibu dan janin. Kesehatan ibu dan janin haruslah dijaga pada trimester kedua ini karena momen kehamilan itu sendiri selalu membahagiakan dan terkadang membuat kekhawatiran yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin. Pengetahuan mengenai kehamilan sangatlah diperlukan bagi ibu hamil agar dapat selalu menjaga kesehatan diri sendiri dan janin.

Jika Anda dapat melakukan hal-hal yang mendukung kesehatan dan perkembangan janin maka kehamilan trimester kedua dapat menjadi momen hamil yang menyenangkan. Dimulai dengan perut yang semakin membesar dilanjutkan dengan perkembangan yang cepat seperti perubahan pada warna areola yang bertambah gelap dan lebih sensitif.

Berikut ini beberapa perawatan yang dapat membantu Anda ketika memasuki kehamilan trimester kedua yang dirangkum dari berbagai sumber.

Waspadai sikap tubuh

Jagalah sikap tubuh Anda ketika melakukan pergerakan karena saat hamil trimester kedua perubahan fisik semakin terlihat. Misal Anda mau mengambil barang dengan posisi rendah sebaiknya mengambil dengan posisi jongkok. Selain itu, hindarilah gerakan berat dan mendadak karena akan berpengaruh negatif pada janin.

Istirahat yang cukup

Saat kehamilan trimester kedua ibu hamil membutuhkan tidur yang lebih dari biasanya karena terjadi peningkatan hormon progesteron yang akan membuat ibu sering mengantuk. Segera lakukan istirahat jika tubuh Anda memberikan tanda letih. Sebaiknya konsultasikan dengan suami mengenai aktivitas harian Anda agar kesehatan janin dapat terjaga.

Perencanaan

Perencanaan merupakan hal yang krusial saat hamil trimester kedua. Misal Anda meminta bantuan kepada suami untuk membantu pekerjaan rumah. Apalagi Anda bekerja maka dapat merencakan waktu cuti dan mendelegasikan tugas Anda pada orang yang tepat.

Cermati makanan yang dikonsumsi

Pada kehamilan trimester kedua hal yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin ialah asupan nutrisi yang seimbang. Sebagai contoh, Anda dapat memilih mengkonsumsi kuning telur yang mengandung kolin untuk membantu perkembangan otak bayi. Selain telur yang mengandung kolin, Anda juga dapat mengkonsumsi susu, kedelai, dan daging sapi. Untuk susu, Anda dapat meminum produk-produk susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil seperti Susu Frisomum Gold untuk ibu hamil dan menyusui karena mengandung prebiotik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi konstipasi atau sembelit.

Bersantai dan berolahraga

Jangan lupa untuk bersantai karena biasanya memasuki usia kehamilan trimester kedua emosi Anda kadang naik turun sehingga lebih rentan terkena stres. Perbanyaklah melakukan olahraga agar kesehatan terjaga. Selain itu melakukan olahraga juga dapat melancarkan sirkulasi darah.

Nah, itulah beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko tanda bahaya pada kehamilan trimester kedua. Jika Anda merasa terjadi perubahan aneh selama kehamilan trimester kedua sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan. Cara ini dapat mengurangi risiko yang akan membahayakan Anda ketika memasuki kehamilan trimester ketiga.

Add Your Comment