Inilah Alasan Kenapa Raja Ampat Sangat Populer

Author: | Posted in Travel No comments
Keindahan Raja Ampat

Keindahan Raja Ampat. Foto: indonesia.travel.com

Keindahan Raja Ampat memang tak perlu diragukan lagi. Terletak di barat laut Pulau Papua, tepatnya di Sorong, Raja Ampat menjadi tempat favorit bagi pecinta olahraga menyelam sejak awal tahun 2000-an.

Sebenarnya apa sih yang membuat Raja Ampat sangat populer? Berikut beberapa alasan kenapa Raja Ampat begitu populer di dunia.

“Hutan Amazon” Bawah Laut

Kalau hutan Amazon punya spesies binatang darat terbanyak, maka perairan Raja Ampat merupakan “Hutan Amazon” di bawah laut. Kamu dapat menjumpai berbagai spesies mulai dari Papuan Epaulette hingga hiu karpet Wobbegong Shark. Raja Ampat dapat digambarkan sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.

Memiliki Terumbu Karang Terindah di Dunia

Raja Ampat adalah surganya terumbu karang. Kamu dapat menjumpai terumbu karang yang sangat indah dengan kondisinya masih sangat baik di beberapa tempat seperti di Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Timur Selatan, Kepulauan Wayag, dan di selat Dampier (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta). Pada kawasan tersebut persentase penutupan karang hidup mencapai 90% lho. Terumbu karangnya pastilah sangat indah.

Terumbu karang yang ada di Raja Ampat umumnya memiliki jenis terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Akan tetapi, ada juga yang menemukan jenis atol dan jenis gosong atau taka.

Kalau kamu tidak bisa menyelam tak perlu khawatir karena kamu masih dapat menikmati terumbu karang di kampung Saondarek. Saat pasang surut terendah, kamu bisa menyaksikan hamparan terumbu karang yang masih hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Salah Satu Tempat Menyelam Terbaik di Dunia

Dengan banyaknya terumbu karang yang ada di Raja Ampat, menjadikannya salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

Ada beberapa tempat menyelam yang terkenal di Raja Ampat seperti Manta Point, Mike’s Point, Sandine Reef dan Shark Point. Setiap tempat memiliki keistimewaannya sendiri. Misalnya, kamu dapat dengan mudah menemukan ikan Manta yang memiliki diameter 9 meter yang berenang di Manta Point. Kalau mau melihat gua-gua karang yang dihuni oleh kelelawar dan menemukan sisa-sisa tulang manusia dapat menyelam di Kaboei Bay Rock.

Pokoknya setiap tempat memiliki keistimewaannya sendiri. Bertanya dengan penduduk lokal sangatlah disarankan agar pengalaman menyelam Anda semakin menyenangkan.

Nah itulah beberapa alasan kenapa Raja Ampat sangat populer di dunia. Jika kamu mau mengunjungi Raja Ampat sebaiknya kamu memilih waktu antara Oktober hingga April karena ombaknya tak terlalu besar. Ingat ya Oktober-April, bukan April-Oktober. Paham kan bedanya?

Add Your Comment