Pentingnya Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Author: | Posted in Serba Serbi No comments
Orang Tua Mendidik Anak

Orang Tua Mendidik Anak. Foto: Google Images

Anak adalah titipan Tuhan yang wajib dijaga oleh orang tuanya. Berbagai hak perlu didapatkan oleh anak demi kelangsungan masa depannya. Beberapa hal yang termasuk hak anak antara lain yaitu mendapat kasih sayang, mendapat perhatian secara fisik (diberi makan, sandang serta tempat tinggal), dan mendapat pendidikan.

Ya, pendidikan adalah satu hal yang wajib diterima oleh anak sejak dini. Memberikan hak anak untuk menerima pendidikan sendiri tak hanya bisa dilakukan dengan cara menyekolahkan anak.

Namun dengan memberikan pendidikan di dalam keluarga tersebut justru jauh lebih penting. Karena, pendidikan anak dalam keluarga adalah pendidikan pertama yang akan diterima anak. Dan dampaknya pun akan sangat besar terhadap perkembangan psikologi anak setelah dewasa nantinya.

Biasanya, pendidikan anak dalam keluarga bersifat pendidikan mental, seperti pembentukan kepribadian anak, pembentukan mental anak seketika menghadapi persoalan hidup, pendidikan sosial (untuk melatih jiwa sosialisasi anak), dan beberapa pendidikan lain yang tak akan didapat anak ketika menempuh pendidikan di lembaga formal.

Nah cara mendidik anak pun cukup mudah, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pendidikan anak dalam keluarga. Hal-hal tersebut antara lain…

Jangan menggunakan kekerasan

Anak merupakan mahluk kecil yang memiliki hati sangat lembut, sehingga tak heran jika  nurani mereka masih sangat peka. Hal ini dibuktikan dengan seringnya anak menangis.

Ya, jika selama ini anda beranggapan bahwa tangisan anak disebabkan karena anak takut terhadap sesuatu, sebenarnya tangisan tersebut justru disebabkan karena kepekaan hati anak terhadap situasi yang sedang tidak membuatnya nyaman.

Nah melihat hal ini, sebagai orang tua yang baik anda harus tahu jika pendidikan anak dalam keluarga tak boleh dilakukan dengan kekerasan. Sekalipun itu hanya berupa bentakan, namun sebaiknya jangan dilakukan.

Sebab, jika orang tua mendidik anaknya dengan penuh kekerasan, bukan hal baik yang tertanam di dirinya. Melainkan kesalahan perkembangan emosional anak. Semisal anak menjadi mudah takut dengan orang lain, tidak memiliki rasa percaya diri dan masih banyak dampak buruknya.

Jangan memanjakan

Meskipun orag tua dilarang mendidik anak dengan menggunakan kekerasan, namun orang tua juga sebaiknya tidak memanjakan anak. Perlunya sikap mandiri dalam diri anak harus dilatih sejak masih dini.

Sehingga ketika dewasa nanti dan anak membutuhkan kemandirian dalam dirinya, tak ada lagi rasa canggung atau kesulitan.

Biasanya, rasa mandiri dalam pendidikan anak dalam keluarga bisa dilatih dengan mencoba membiarkan anak berkreasi dan mengerjakan beberapa pekerjaan yang merupakan kewajiban dalam rumah. Tentu saja pekerjaan tersebut harus sesuai dengan umurnya.

Sebagai panduan lebih lengkap, anda bisa mengetahui bagaimana pentingnya pendidikan anak dalam keluarga dan bagaimana cara mendidik anak dengan baik di halaman WYETH. Di sana anda akan mendapat panduan dan tips-tips yang bisa dipraktekkan dalam mendidik anak.

Add Your Comment