Tips Memilih Sparepart Mobil Asli Namun Tetap Hemat

Author: | Posted in Serba Serbi No comments

Spare Part Mobil

Semua pemilik kendaraan roda empat memang setiap bulannya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memberikan perawatan. Selain kebutuhan dana untuk konsumsi bahan bakar perlu penyediaan dana untuk ganti oli, kampas rem, dan sebagainya. Sekali berkunjung ke bengkel mobil setidaknya harus menyediakan dana minimal Rp 500 ribu. Kondisi tertentu yang membutuhkan beberapa penggantian sparepart mobil sudah menelan lebih banyak biaya. Meski dana perawatan sangat besar namun sebanding dengan kenyamanan yang diterima.

Berbicara mengenai kebutuhan sparepart ternyata ada polemik di dalamnya, antara kebutuhan mobil itu sendiri dengan kebutuhan pemiliknya. Sebagai pemilik mobil terkadang Kita perlu menyiasati keadaan dengan menggunakan sparepart yang lebih murah. Ada pula yang mengambil keputusan untuk mengganti satu macam sparepart meski yang diperlukan ada dua atau lebih. Kondisi-kondisi demikian memang hal yang lumrah dalam dunia otomotif sebab semua tindakan mekanik butuh biaya. Selama menghindari sparepart palsu kendaraan tetap memberikan keamanan serta kenyamanan.

Bagi yang ingin menghemat biaya perawatan untuk kebutuhan penggantian sparepart mobil yang baru, berikut kiat berhemat namun tetap dengan yang original:

1. Patuhi ketentuan dalam buku service

Produsen mobil di seluruh dunia sudah memberikan panduan untuk masa penggantian semua bagian sparepart. Service pertama hingga ke sekian pada hakikatnya membutuhkan penggantian minimal satu macam sparepart. Maka untuk menekan biaya, akan lebih mudah mengganti sesuai ketentuan dalam buku service yang sudah ditata sehemat mungkin oleh perakit mobil tersebut. Mengganti sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan dasar mobil akan membuat pengeluaran perawatan terkendali.

2. Membeli sparepart di sebuah kota kecil

Tahukah Anda cara berhemat belanja sparepart original? Solusi yang cukup menjanjikan ialah dengan datang ke kota kecil. Sebab beberapa produsen merk sparepart ternama sekalipun memberikan perbedaan harga jual. Kunjungi kota kecil terdekat dari tempat tinggal untuk berburu beberapa jenis sparepart yang sering diganti sebagai persediaan. Cara seperti ini dapat membantu menghemat kebutuhan biaya penggantian sparepart yang dilakukan secara signifikan. Lakukan perbandingan untuk mendapatkan kepastian bahwa harga di kota kecil memang lebih murah. Namun, pilihan sparepart yang ada biasanya memang akan lebih terbatas tapi harganya memang lebih terjangkau.

3. Pastikan tidak mengubah setting mesin mobil

Dalam kondisi tertentu, sparepart yang dibutuhkan tidak tersedia atau merupakan komponen yang jarang mengalami kerusakan. Sehingga tidak semua toko dan bengkel menyediakan sparepart tersebut, padahal mobil sangat dibutuhkan segera. Jalan pintas yang diambil biasanya menggantinya dengan sparepart diluar merk yang biasa dipakai. Kemungkinan mengganti settingan mesin bisa saja terjadi sehingga bisa berakibat cukup buruk bagi kesehatan mobil. Jikalaupun alternatif  seperti ini diambil akan lebih bijak memilih yang tanpa perlu setting ulang. Kemungkinan untuk kembali menggunakan sparepart aslinya tetap ada dan kondisi mobil tetap terjaga dengan cukup baik.

4. Lakukan di bengkel profesional

Selalu kunjungi bengkel dengan mekanik yang profesional sehingga paham betul spesifikasi dan kriteria mobil Anda. Bila memungkinkan kunjungi bengkel resmi meskipun dikenal sebagai tempat penggantian sparepart besar-besaran. Sebab memang lebih sering dilakukan penggantian beberapa sparepart ketimbang melakukan service di bengkel biasa. Apalagi harga sparepart bawaan mobil memang tidak murah sehingga menambah beban biaya. Lakukan perbandingan dan ajak mekanik untuk mencari solusi terbaik dan terhemat sehingga bisa menekan budget. Usahakan memilih sparepart mobil asli agar kualitas mobil selalu terjaga sebagaimana mestinya.

Add Your Comment